Tuesday 8 June 2021, June 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-10T11:26:47Z
News

Titik Nol Kilometer Bogor merupakan bukti sejarah

Banyak yang belum mengetahui Titik nol kilometer Bogor tepat berada di depan balaikota Bogor. Di sekitar trotoar seberang Kebun Raya itu, terdapat patok yang menunjukkan angka 0 Km. Patok tersebutlah yang menandai titik nol kilometer dari Kota Bogor.

Wujud Titik Nol di Bogor serupa dengan patok. Posisinya memang agak sulit ditemukan terlebih lagi bagi sebagian masyarakat yang baru pertama kali mengunjungi kota hujan tersebut. Sebab, lantaran ukurannya yang kecil, patok ini bisa dibilang hampir tidak terlihat dan tidak menarik.

Selain bertuliskan jarak kota Bogor 0 km, di patok tersebut juga tertuliskan jarak JKT 59 km dan JTN 47 km. "Gubernur Jenderal Herman Williem Daendels selalu mendirikan kota berjarak 60 kilometer dari kota yang lain pada masa pemerintahannya. Misalnya, jarak dari sini ke Cianjur juga berjarak 60 km," pungkasnya. 

Menyikapi pembuatan Tugu Nol Kilometer Bogor tokoh masyarakat Kota Bogor, H. Herdi menjelaskan bahwa sejarah Kota Bogor selayaknya tidak perlu dilupakan tergerus oleh perkembangan zaman.dan pembuatan Tugu Nol Kilometer Bogor yang merupakan titik awal Kota Bogor adalah bukti sejarah.

Meskipun perkembangan Kota Bogor kian hari semakin meningkat,hal ini dibuktikan dengan pesatnya pembangunan dalam segala bidang yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Kota Bogor,termasuk dengan pembuatan Tugu Nol Kilometer Bogor yang terletak di Jalan Djuanda persis depan Balaikota Bogor.

Lebih lanjut H. Herdi mengatakan karena Masyarakat khusus nya di Kota Bogor, banyak yang tidak mengenal dengan keberadaan Tugu Nol Kilometer Kota Bogor. maka diharapkan Pemerintah Kota Bogor agar dapat melakukan sosialisasi terutama bagi generasi muda.lalu,sejarah Tugu Nol Kilometer Bogor yang juga merupakan ikon penting perlu di indahkan.

Tag Terpopuler

Terkini