Wednesday 15 September 2021, September 15, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-16T04:07:56Z

Pemberdayaan PKL dan UMKM Merupakan Salah Satu Program Kadin Kota Bogor



Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Kota Bogor merupakan sebuah Organisasi dimana didalamnya ada program pemberdayaan UMKM, kemudian melalui Wakil Ketua Bidang Perdagangan dan Wakil Ketua Bidang UMKM, dimana dua wakil ketua bidang ini, Implementasikan program Kadin dalam pengembangan dan pendampingan PKL, dimana di era modern sekarang disebut dengan nama UMKM. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Kadin Kota Bogor, Bagus Maulana Muhammad, saat ditemui di Kantor Media Center Kadin. 

Bagus menambahkan, untuk pengembangan dan pendampingan Kadin Kota Bogor bukan hanya bergerak dibidang Konstruksi, namun pada usaha Mikro juga, dimana didalamnya menaungi PKL dan UMKM. 

Adapun salah satu upaya dari Kadin Kota Bogor dalam pengembangan program dibidang Usaha Mikro yaitu, akan segera launching untuk produk membawa kerajinan Kota Bogor, yang akan dibawa dipromosikan di Dubay, terang Bagus. 

Untuk segi pembinaan kami prioritaskan kepada PKL dan UMKM yang sudah sah terdaftar sebagai angggota, salah satunya akses permodalan kemudian kedepan kami akan menggaet beberapa pihak Perbankan untuk bekerjasama, yang nantinya akan ada rekomendasi dari Kadin Kota Bogor yang nantinya akan mempermudah akses PKL dan UMKM dalam permodalan, tapi tentunya harus dikelola secara bertanggung jawab dan managerialnya harus matang,  ungkap Bagus. 

Saat ini ada sekitar kurang lebih 800 PKL yang sudah sah menjadi anggota Kadin, kemudian semua sudah tersosialisasikan melalui para pelaku Usaha Mmodalserta melalui data base untuk mendata jenis usahanya apa, modalnya berapa serta pemdapatannya berapa, kemudian bisa dikembangkan mana klasifikasi PKL yang terdampak dan tidak dimasa Pandemi sekarang ini serta PKL yang baru hadir karena dampak PHK dimasa Pandemi. Jelas Bagus

Kedepan Kadin Kota Bogor melalui Direktur Eksekutif berharap agar dapat membantu perekonomian sektor Perdagangan Kota Bogor dalam hal ini yaitu PKL dan UMKM, agar mereka bisa berusaha dengan nyaman dimasa Pandemi seperti sekarang ini. (Lisna/Iwan) 

Tag Terpopuler

Terkini