Friday 6 November 2020, November 06, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-27T18:22:06Z
DaerahHeadlineslider

Menghadapi Kampanye Pilkada, Seperti inilah Upaya YKCJ dan KPU Cianjur Dimasa Pandemi Covid-19


CIANJUR- Organisasi perempuan tergabung dalam Yayasan Kartini Cianjur Sejati (YKCJ) kolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, menyelenggarakan sosialiasi tatap muka menghadapi kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di masa pandemi Covid-19.


Kegiatan tersebut, diikuti oleh 30 orang wanita yang merupakan pengurus dan anggota dari Yayasan 

Kartini Cianjur Sejati. Acara sosialisasi ini diisi dengan penyampaian materi oleh Anggi Shopia Wardhani, dari KPU yang mengambil tema 'Sosialisasi Tahapan Pilkada Cianjur 2020 di Masa Pandemi Covid-19', di gedung DPRD Cianjur, Jumat (6/11/2020).


"Bahwa pilkada di era pandemi Covid-19 ini akan sangat berbeda dengan pilkada 5 tahun sebelumnya dan berbeda dengan pemilihan- pemilihan lain sebelumnya," kata salah satu anggota Komisioner KPUDCianjur, Anggi Shopia.


Karena pandemi ini, terang Anggi, regulasi pun dibuat baru, dimana para paslon tidak boleh berkampanye dengan mengumpulkan orang lebih dari 50 orang. Dan, tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan perlombaan, kegiatan kebudayaan, pentas hiburan dan sebagainya.


"Artinya, yang mengundang kerumunan banyak orang," ujarnya. 


Salah satu anggota Komisioner KPUD Cianjur ini menyambungkan, selain itu juga pelaksanaan pengambilan suara di TPS pun akan berbeda. Makanya, dan sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu, dengan cara mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan disiplin gerakan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun) setiap hari.


"Apalagi di masa pandemi belum berakhir. Nah, maka hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat," tutup Anggi.


Sementara, Ketua Yayasan Kartini Cianjur Sejati (YKCS), Ir. Hj. Metty Triantika mengatakan, bahwa 

yayasannya siap menjadi mitra pemerintah, partner KPU dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada kepada masyarakat, di masa pandemi Covid-1`9. 


"Sehingga, jangan sampai klaster-klaster baru muncul. Jadi, siap perangi dan lawan virus Corona melalui pencegahan sebelum terlambat," ujar Metty.


Metty mengajak, di era pandemi ini kepada masyarakat, untuk bersama-sama menyusukseskan Pilkada Cianjur 2020, dengan mematuhi prokes dan disiplin 3M.


"Semoga Pilkada nanti berjalan lancar," singkatnya, saat acara ditutup dengan doa dan pemberian plakat dari Yayasan Kartini Cianjur sejati kepada narasumber.


Reporter : Tam

Tag Terpopuler

Terkini