Thursday 8 July 2021, July 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-07-09T02:34:44Z
Nasional

Informasi penting untuk masyarakat dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Penanggulangan Covid 19 & pemulihan ekonomi


Jakarta Kabarberitanews.co.id - Pemerintah menetapkan pemberlakuan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat mulai tanggal 9 hingga 20 Juli 2021,kebijakan ini dilanjutkan dengan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.Menteri Koordinasi bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual pada Rabu 7- Juli 2021 mengatakan bahwa Pemerintah R.I telah menyiapkan bantuan sosial tunai ( BST ) ditambah beras 10 kilogram untuk Masyarakat yang sudah terdata sebagai penerima bantuan keluarga harapan ( PKH ), yang meliputi di 45 Kabupaten/ Kota.

Sejumlah upaya terus kita lakukan untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 yang tengah terjadi di tanah air. Salah satunya dengan memastikan pasokan oksigen aman.

Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat Jawa Bali dan PPKM Mikro Diperketat di luar Jawa Bali, pemerintah telah menetapkan target testing Covid-19 untuk masing-masing daerah. Target testing ini ditetapkan agar daerah tidak menurunkan angka positive rate dengan mengurangi jumlah testing.

Target testing yang sudah ditetapkan ini juga sudah sesuai dengan rekomendasi WHO. Dengan begitu, diharapkan angka testing terus meningkat, sehingga penelusuran (tracing) kontak erat dapat segera dilakukan.

"Semakin cepat tracing ini dilakukan, maka laju penularan virus Covid-19 dapat ditekan dengan cepat. Oleh karena itu, kami meminta kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk menjalankan dan mengawal PPKM Mikro secara ketat dan disiplin".Jelas Airlangga

Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers bersama beberapa lembaga/badan terkait dan pimpinan daerah secara virtual, Rabu (7/7). Kesuksesan PPKM Darurat dan PPKM Mikro membutuhkan peran semua pihak untuk bisa mengendalikan pandemi ini agar kehidupan ekonomi segera terpulihkan kembali.

"Jaga diri, keluarga, lingkungan, dan sesama. Tetap waspada dan disiplin mentaati aturan pemerintah demi kamaslahatan kita semua".tambahnya 
 
Terdapat 800 ton oksigen yang sedang dalam perjalanan dari Batam untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Jawa. Selain itu juga ada 500 ton yang terbagi dalam 21 unit iso tank oksigen dari Morowali, Sulawesi Tengah.

Selain mengalihkan stok oksigen dari luar Jawa, juga telah dikerahkan seluruh fasilitas guna memproduksi oksigen untuk medis. Pemerintah juga akan membuka opsi untuk mendatangkan oksigen ke dalam negeri karena ini masuk pada kebutuhan yang diminta BNPB guna menangani pandemi di tanah air.

Diharapkan semua lembaga maupun perusahaan yang terlibat dapat bekerja sama agar kita dapat memenuhi kebutuhan oksigen di masyarakat yang saat ini tengah tinggi,tuturnya.   

Tag Terpopuler

Terkini