Tuesday 16 March 2021, March 16, 2021 WIB
Last Updated 2021-03-16T07:38:50Z
Sosial

Bagikan Sembako Sebelum Kuota Masuk, Agen E-Warong Desa Bantarjaya Beralasan Untuk Mempermudah Penyaluran BPNT


Rancabungur, Kabarberitanews.co.id - Terlambatnya pencairan program sembako pada bulan Maret, membuat salah satu Agen E-Warong Desa Bantarjaya membagikan sembako terlebih dahulu kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan dalih untuk mempermudah.

Dugaan praktik kongkalikong demi mendapatkan keuntungan pribadi dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Sembako yang diberikan Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial bagi warga yang belum mampu kian marak di Kabupaten Bogor. 

Salah seorang warga Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, AS mengaku diberikan paket sembako terlebih dahulu oleh Agen E - Warong milik Jumilah, Selasa, 16/03/2021.

"Kalau paket sembakonya sudah dikasih duluan sama Agen E-Warong Jumilah, jadi kalau pencairan nanti dia yang gesek," terangnya. 

Saat dikonfirmasi pemilik Agen E-Warong yang disebutkan melalui pesan Whatsappnya menyatakan, dirinya tidak merasa melanggar aturan Pedoman Umum (Pedum) program sembako dan surat edaran dari Dirjen Fakir Miskin Wilayah II yang mana memberitahukan adanya penundaan Bantuan Sosial Sembako atau BPNT pada bulan Maret.

"Apa urusannya dgn anda ?
Kok bapak yg repot urus ini ? 
Saya kan tdk merugikan pihak mana pun. Tdk merugikan bapak. Tdk merugikan rakyat," kilahnya. 

Ditempat terpisah, Tenaga Sosial Kesejahteraan Kecamatan (TKSK) Rancabungur, Didin Amaludin mengatakan, setiap satu bulan sekali dirinya mengakui bersama Agen E-Warong se - Kecamatan Rancabungur melakukan evaluasi setelah selesai penyaluran. Bahkan menegaskan agar semua Agen E-Warong dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan pedoman umum program sembako.

"Dalam evaluasi kemarin, sudah saya tegaskan agar setiap Agen E-Warong untuk tidak menyalurkan sembako sebelum kuota masuk ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), memang Agen E-Warong Jumilah tidak datang saat evaluasi," pungkasnya. (Raga). 

Tag Terpopuler

Terkini